Sunday, October 03, 2004

UNTUK PENGHUNI RSJ

Sejak baca cerpen Sapardi, “Membunuh Orang Gila”, gua jadi nggak terlalu takut sama orang gila yang kerap terlihat berkeliaran di jalanan. Apalagi setelah nonton “Girl, Interrupted”. Terus terang, dulu gua suka takut sama orang gila.... Boro-boro merasa simpati, malahan gua was-was setiap kali bertemu mereka. Takut diganggu, dikejar, dipeluk. Atau jijik, lantaran penampilan mereka biasanya kotor karena nggak pernah mandi. Sekarang, gara-gara baca cerpen itu, gua jadi berani menatap mereka. Mencari arti di balik tatapan mata mereka. Dan gua hanya menemukan kosong, atau kegelisahan dan ketakutan di sana. Siapa yang mereka takuti? Kita-kah? Rekan manusia mereka?

Tokoh dalam cerpen Sapardi menjadikan orang gila sebagai penumbuh harapan :
“Sekarang ini aku tak memiliki harapan lagi untuk ketemu si gila itu kalau berkendara mobil ke Bogor. Tidak ada yang lebih menyedihkan daripada tak punya harapan. Meluncur lurus saja di jalan aspal tanpa ada perasaan apa pun, tanpa ada orang gila - apa bahagianya?”

Sekali waktu, setelah turun dari bus di depan gedung BKPM, gua lihat orang gila duduk di trotoar. Pria, mungkin usianya sekitar 25-an, dan -selayaknya prototipe orang gila- lusuh dan awut-awutan. Matanya sibuk memerhatikan orang-orang yang lewat. Mungkin dia sedang bikin cerita sendiri di kepalanya. Waktu lewat di depannya, gua seperti mendengar dia berkomentar, tapi gua nggak bisa denger karena dia cuma bergumam. Mungkin minta uang, mungkin heran lihat gua jalan cepat-cepat. Yang jelas dia nggak tahu kalau gua berusaha lihat isi matanya dari kejauhan. Dan gua lihat dia seperti ketakutan. Di waktu lain, di daerah UKI, ada orang gila perempuan, sekitar 30-an. Dia bawa buntelan sambil marah-marah pada ibu pemilik warung makan. Waktu gua lihat matanya yang melirik ke kanan-kiri, gua tahu dia ketakutan. Seakan takut buntelannya direbut orang.

Berarti selama ini gua salah kalo takut sama mereka. Mungkin merekalah yang takut sama gua. Dan rasa segan gua selama ini pada mereka sama sekali tidak beralasan. Berdasarkan pengalaman pribadi, orang yang suka usil, mengganggu atau melakukan perbuatan tidak menyenangkan lainnya bahkan menjurus kriminal, “pasti” pelakunya bukan orang gila. Mereka semua orang waras, tidak perlu masuk RSJ. Coba, berapa persen pelaku pembunuhan yang dinyatakan gila ketika mencabut nyawa orang lain?

P.S. : Ada rasa keberatan memakai sebutan “orang gila” dan “orang waras”, karena dunia bukan hitam putih (meskipun gua sering kali masih terjebak menghadapi abu-abu)

7 Comments:

Blogger Firdaus Siagian said...

Aye juga udah pernah baca beberapa waktu nyang lalu, Mpok.

Kegilaan emang lumayan sering diangkat dalam karya sastra, Mpok. Selaen Sapardi, nyang aye tau tuh si Nietzsche (orang gilanye tereak² di tengah pasar, "Tuhan sudah mati ... dan kitalah yang membunuhnya!"), si Iwan Simatupang (nyang ambil settingan cerita tentang persahabatan dua orang gila di RSJ), Cervantes (Don Quixote), Shakespeare (Macbeth dan KingLear), de el el dah ...

Kalo mo cari tau lebih tentang orgil, aye nyaranin bukunye si Michel Foucault, Mpok. Si Foucault bilang, pada jaman Klasik (abad 17-18), kegilaan emang jadi tren dalam sastra. Bahkan oleh para sastrawan, si orgil dianggap lebih bahagia dan lebih waras dibandingin ama nyang waras.

Si Faoulcault juga bilang, orang nyang lebih beradap tuh lebih gampang jadi gila. Liat ajah di suku nyang primitip, kagak ada nyang namanya orang gila. Kegilaan adalah efek samping nyang selalu menyertai kemajuan jaman. Begituh deh katenye sih, Mpok ...

Udah ah ..., kalo kepanjangan, malah jadi kajian sastra dan pilsapat neh .. Rugi aye kan kalo kagak dapet bayaran, heuheuheu .. :p

Pisz ah. Salam dangdut!!!

1:04 PM  
Blogger mpokb said...

to Daus : Ati2 Us, kita suka nyebut2 "primitif", padahal di suku terpencil pun kerap ditemukan struktur masyarakat yg mapan dan teknologi, meskipun sifatnya alami. Kegilaan sebagai efek samping kemajuan jaman? Hmmm.. Mungkin karena makin banyaknya hal2 yang artifisial, dan kemudahan manipulasinya kemudian?

Btw, kalo elo udah nyebut2 dangdut, biasanya ada sesuatu...hehehehe ;P just kidding..

to Bang Tomat : masalah panggilan, kan elo 'ndiri sudah 'pasrah', hihi.. Di kampus? Itu bukan gila, Mat, gw rasa cuma keblinger Kalkulus 3 (duh, nggak bandel2 lagi daah..)

Over the years, cara pandang jelas berubah sih. Singkatnya, mereka nggak lebih menakutkan daripada yg 'ngaku waras (misalnya gw, hehehe..)

3:54 PM  
Blogger mpokb said...

to Daus : eh, lupa Us.. thanx bgt atas referensinya. Iwan S gua cuma pernah baca yg "Ziarah" dan "Surat2 Politik". If only I could speed-read all those materials...

4:01 PM  
Anonymous Anonymous said...

@Mpok BonBin:
Iye juga seh Mpok..., "primitip" di sini bukan dalam artian buat ngerendahin kualitas mereka, tapi sekedar pengklasifikasian sebagaimana yang sering "orang² pinter dan moderen" nyebut mereka di tulisan dan omongan ilmiah mereka.
Aye kendiri juga kadang suka kagum kok ama kecanggihan mereka, kayak tentang nempelin batu pake telor, karna jaman ntuh belom ada semen Tjibinong, hehehehe ... :p

@Tomato:
Abang Tomato ..., aye juga 'lam kenal juga yeh ..., sorry neh numpang di weblognye si Mpok BonBin, soalnye di weblog ente kagak bisa naroh komen lagih, gituh kate Blogernye ente, Bang... =)

[dausz!]

11:03 PM  
Blogger mpokb said...

Wah, udah dua orang neh.. Ada satu lagi bisa dapet piring, hehehehe... ;P

mpokb

12:40 PM  
Blogger ado said...

Kalo Sapardi punya cerita, itu sekedar cerita.
Kalo Firdaus dan rekan2 yg lain komentar ttg kegilaan, itu mata dan pikiran awam.

Kapan2 deh gw cerita soal madness, kisah dari inner circle. Cerita ttg kakak gw yg menderita skizofrenia...

10:15 PM  
Blogger Intan Bayduri said...

Bos gue pernah bilang gini "gue adalah yang paling waras disini, kalian semua gila!"...
hmmmm..Gibran said "orang yang paling gila diantara sekumpulan orang gila adalah orang yang paling waras" jadi...^_^
Oh ya satu lagi ya mpok, gue suka sama tulisan situ, ringan tapi berat, berat tapi ringan.

4:08 PM  

Post a Comment

<< Home