Wednesday, October 06, 2004

HAPUS, TIPP-EX, CTRL+ALT+DEL

Beberapa bulan lalu, Nana pernah bilang, "Setiap orang dalam hidupnya pasti punya satu hal yang harus dia tipp-ex." Hm, singkat namun sangat bermakna. Begitu denger, gua tahu, kalimat ini pasti suatu saat bakal gua posting. Kalimat yang sebenarnya nggak baru, bukan hal baru, tapi adakalanya kalimat2 seperti ini akan muncul lagi di saat2 tertentu dan tetap terasa relevan.

Kemarin ada temen curhat. Dia baru marah sama seseorang karena merasa dibohongi selama ini. Semakin sering orang itu kirim SMS berisi maaf atau pembelaan diri, semakin temen ini bete. Dia ngerasa sudah memaafkan, tapi belum sanggup untuk bersikap kembali seperti semula seakan tidak ada apa2. Bahkan dia merasa lebih baik nggak terlalu banyak kontak dengan orang itu, atau nggak usah kontak sekalian.

Barusan ini gua dengar, ternyata peristiwa 17 tahun lalu masih bisa membekas bagi orang2 tertentu. Betapa menderitanya...17 tahun hidup dalam kebencian?

Lalu gua jadi terpikir, sepertinya masih ada juga penyesalan gua yang belum diterima. Atau sudah, tapi nggak berakhir seperti yang gua inginkan.

Si Uut pernah bilang, kalau konflik diakhiri dan proses saling memaafkan selesai, yang paling sehat adalah jika relasi berjalan seperti semula, seakan tidak pernah terjadi apa2.
Hapus, tipp-ex, ctrl+alt+del.

Seperti kutub utara dan kutub selatan pada Bumi, mungkin memang ada orang2 tertentu yang sebaiknya tidak bertemu dengan orang2 tertentu. Atau yang lebih baik, segera melupakan peristiwa tertentu. Boleh sakit hati sebentar, boleh marah sebentar, tapi dalam hati kita tahu, bahwa setelah semua diselesaikan, kehidupan akan berjalan kembali seperti sediakala.

Peristiwa dalam kehidupan bisa jadi ibarat tulisan di atas kertas. Agar bisa tetap jelas terbaca, kita bisa mengambil kertas baru yang masih bersih, atau tipp-ex saja tulisan sebelumnya. Karena menulis di atas kalimat lama hanya akan membuatnya semakin kabur dan sulit dibaca.

13 Comments:

Blogger x-snob said...

tapi nggak setiap orang mau men-'tip-ex' hal2 tertentu dlm hidupnya meski dia 'mampu'.
ada juga orang mau (dan pengen banget) men-'tip-ex' suatu hal tsbt tapi ndak mampu. terus gimana?

anyway, aku suka paragraf terakhir...
keren banget!

11:45 AM  
Blogger mpokb said...

to Fia : Wah, sekarang jadi nggak bisa comment di blog si Non nih..? ;P

Mau atau nggak mau biasanya tergantung niat. Ada orang yg suka dengan tulisan lama. Dia sendiri yg harus tahu apakah itu merugikan atau nggak. Jadi, mungkin setelah ditipp-ex pun masih samar2 keliatan... tapi masih bisa ditulisin juga :)

Kalau mau tipp-ex tapi nggak mampu? Tricky nih.. IMHO, musti lihat ke sekeliling kali ya.. Or ask help from others? Bagaimanapun, kehendak sendiri sangat menentukan. Banyak sekali hal yang kelihatannya mustahil di-tipp-ex, akhirnya bisa juga...

1:10 PM  
Blogger mpokb said...

This comment has been removed by a blog administrator.

1:10 PM  
Blogger Rudyland said...

Wah mpok..ctrl+alt+del itu kalo hang aja khan..
asal nggak dipake standard of operation aja..
klo masih bisa diperbaiki khan bisa disetip aja dikit
Klo memang ga bisa ya gimana lagi
Klo aku melupakan masa lalu justru dengan mencoba menerima apa adanya,karena semakin kita membenci, apalagi terhadap orang yang pernah kita sayangi, malah masuk ke kolam lumpur tak berujung (lagunya Glen kali he he)..
Klo aku biasanya tak masukin peti kuncinya dibuang..
(tp klo masih perlu..ya dicari-cari lagi he he)

We never know what will happen in the future he he

8:45 PM  
Blogger mpokb said...

to Rudy : 'tul Rud.. jangan sampai hal2 di hari kemarin bikin nge-hang. kalo nge-hang baru deh ctrl+alt+del.. 'coz relatif juga sih kapasitas tiap orang. contohnya yg 17 tahun itu. bagaimanapun, semua itu pilihan pribadi masing2.

2:08 PM  
Blogger Firdaus Siagian said...

Tapi sebenernye, biar gimanapun, nggak semudah main setip ajah buat ngilangin peristiwa nyang pernah terjadi dalam idup, Mpok. Lagian, apa nyang udah terjadi dalam idup kita, ntu kagak bakal bisa diapus. Kagak semudah kayak pake tipeks atawa setip atawa ctrl+alt+del, restart atawa nginstall ulang.

Buat peristiwa nyang pernah nyakitin aye, biasenye aye anggap nyantai seh. Soalnye prinsip aye idup itu udah susah, nggak usah ditambah susah lagi di pikiran. Kalo kite pernah bikin salah di satu kertas, ambil kertas nyang baru, dan tulis lagi dengan bener.

Kata si Avril Lavigne, pacar [khayalan] aye: "Do what you do, just keep on laughing .. one thing sure, there's always a brand new day". Jangan patah ati gara-gara salah atawa kesandung batu dalam idup. Apalagi patah kaki .. Jangan ampe dah ah ...

Gituhhhh Mpok ...

(hehehe ... :p)

8:24 PM  
Anonymous Anonymous said...

Heuheu .. ngomongin ngegambar, aye jadi inget tadi subuh aye ngegambar gebetan aye, pencil on paper, gara² begadang kerna kagak bisa ngorokz ...
Udah lama kagak ngegambar, ternyata tangan bisa kaku juga ye ... udah agak gelagapan ngebikin garis dinamis ... :D

[dausz!] lagi iseng neh .. :">

9:45 AM  
Blogger eyi said...

Hmmm.. jadi mikir2...

apa yang pengen gue tipe-ex ya???

3:26 PM  
Anonymous Anonymous said...

Wah gak nyangka bin kalimat gue bisa jadi topik pembahasan.. hehehe.. tapi yang gue maksud bukannya melupakan our past, yang udah pasti gak bakalan bisa.. past is past, it's always there.. tapi maksud gue, di perjalanan hidup lo pasti ada kejadian atau peristiwa atau orang yang membuat lo malu atau menyesal pernah lo lakukan, dan elo gak akan mau ngomongin itu ke orang lain, termasuk orang terdekat lo... nah, itu yang kudu di tipp ex... gue rasa itu sangat manusiawi - NANA.

8:34 AM  
Blogger Lhukie said...

Hehehe... gue pun bgitu :)

Memaafkan itu mungkin mudah, tapi melupakan apa yang pernah terjadi itu mungkin yang susah ya ... :)

Tapi kan ya tgantung dari type permasalahannya itu sendiri :D dalem apa nggak :)

Met puasa, Bu... :)

4:37 AM  
Anonymous Anonymous said...

Eh, mau ngintip dulu ah, lagi iseng iseng surfing nih, eeeh nyangkut di sini, keren punya eeeuuuy, boleh nimbrung ya...

Singakat dulu ah, sebab masih anak baru yg blm di plonco.

Gw suka banget dgn kata kata kata diatas, merasuk hatiiiiiii nih...

Salam kenal tuk semuanya ya

1:15 AM  
Anonymous Anonymous said...

Eh, mau ngintip dulu ah, lagi iseng iseng surfing nih, eeeh nyangkut di sini, keren punya eeeuuuy, boleh nimbrung ya...

Singakat dulu ah, sebab masih anak baru yg blm di plonco.

Gw suka banget dgn kata kata kata diatas, merasuk hatiiiiiii nih...

Salam kenal tuk semuanya ya

1:17 AM  
Anonymous Anonymous said...

Mo nimbrung nege, iseng isenk iseng nyurfing terus nyangkut disini...

BTW, ngomongin soal tip-ex, kadang kita hrs tip- ex dua kali supaya kesalahan yang pernah kita buat ga keliatan lagi.

Salam kenal tuk semuanya ya

AMoy

3:03 AM  

Post a Comment

<< Home