Sunday, October 31, 2004

BUAT ODI

Tulisan berikut merupakan terjemahan bebas dari cuplikan "Hamish Kemp and Max Williams: A Study in Contrasts", karya Lindsay Weekes

Autisme bukan merupakan gangguan perilaku maupun psikopati. Secara luar biasa, autisme adalah gangguan perkembangan pervasif. Tolong pahami kata "pervasif". Ini berarti bahwa autisme terbentuk di dalam dan dominan, memengaruhi semua hal yang dirasakan pribadi autistik dan setiap tindakan yang kita lakukan sebagai akibat persepsi tersebut. Artinya, selayaknya kita menyebut 'pribadi autistik' dan bukan 'pribadi dengan autisme', karena, suka atau tidak, autisme adalah salah satu karakteristik utama dari seseorang yang memiliki gangguan, bisa jadi merupakan karakteristik ketiga setelah kemanusiaan (humanity) dan gender. Autisme tak bisa diubah; dan konsekuensinya tak bisa disembuhkan. Adalah tidak mungkin untuk menyembuhkan suatu karakteristik mendasar; yang mungkin adalah melatih pribadi autistik sampai taraf tertentu, untuk menyesuaikan diri dengan standar perilaku yang diterima masyarakat. Dan meskipun terkadang kita menganggap hal ini tak berarti, namun banyak pribadi autistik yang bersyukur karena mendapat jalan bagi penerimaan diri mereka.

Mengajar anak-anak autistik bukan untuk pendoktrin atau pengecut: Anda harus yakin pada apa yang Anda lakukan, memiliki pemahaman intuitif atas pandangan anak autistik terhadap dunia, yang tanpa memilikinya Anda takkan berhasil mengajarnya. Bersikaplah tabah, konsisten, namun juga cukup fleksibel untuk mencoba strategi-strategi lain dan menyesuaikan pendekatan Anda dengan bermacam-macam anak-anak autistik yang Anda temui. Ada sejumlah orang yang tak mampu melakukannya

Perlu diketahui, autisme adalah gangguan kapasitas otak untuk memproses input sensor, dan gangguan fisik inilah yang menghasilkan perilaku nonstandar. Tidak ada dua pribadi autistik yang memiliki pola kemampuan yang benar-benar sama, karena indera tiap orang memiliki cara berbeda untuk menghasilkan input yang kacau. Bayangkan diri Anda buta dan memiliki pengetahuan yang sangat tidak lengkap mengenai apa yang terjadi di sekeliling Anda. Pasti itu tampak normal bagi anak autistik dan sangat mengerikan.

PS : Khusus diposting untuk keponakanku, kurcaci keduaku, Odi, di hari ulang tahunnya yang ke-7. Selamat ulang tahun, Odi. Dari senyum dan sinar matamu, aku tahu kau menyayangi kami.

5 Comments:

Blogger Firdaus Siagian said...

Mpok punya ponakan aitis ye?

Aye juga penah ketemuan ama anak autis, die ntuh sepupunye mantan aye dulu. Umurnya waktu itu masih sekitaran 5 taonan.

Anaknye gesit amat, doyan lari-lari ke sana ke mari ama ngehampirin ujung tangga (mereka tinggal di ruko, bagian bawah buat toko, bagian atas buat tinggal), ampe-ampe emaknye, dan kita yang namu waktu itu, kecapekan sendiri ngeliatnya. Tapi aye seneng ngeliat ntuh bocah. Ngingetin ama aye kecil yang kata emaknda sangat hiperaktip.

Aye juga ngerasa salut ama keluarga ntuh. Mereka nyayangin anak semata wayangnye ntuh banget. Mereka adalah keluarga yang diberkatin, aye pikir.

Tapi masak sih autisme ngga bisa disembuhin, ataw seenggak-enggaknya kagak bisa diubah? Bukannye udah banyak sekolah khusus autisme buat mampersiapin mereka berinteraksi ama dunia "normal"?

Met ultah juga ye buat Odi ... =)

12:55 PM  
Blogger x-snob said...

Selamat ulang tahun buat Odi!!!
Tante blom bisa banyak komentar soalnya Tante blom mandi ;)

9:15 AM  
Blogger mpokb said...

to Daus : katanya sih emang nggak bisa sembuh, Us, coz itu bukan penyakit melainkan karakteristik. Mencoba 'menyembuhkan' anak autis "mungkin" setara dengan mengubah hewan jadi manusia atau mengubah yg maskulin jd feminin... Jd yg bisa dilakukan melatih mereka untuk beradaptasi. Odi juga sukanya 'gaya akrobatik' dan main di tempat2 tinggi. Kadang gw masih suka terkaget2. Tapi rupanya tubuh anak autistik pinter jaga keseimbangan...

to Fia : Ayo, Tante, buruan mandi...:P

1:29 PM  
Blogger eyi said...

selamat ulang tahun, odi..

dari postingan tantemu, aku tahu dia menyayangimu :)

10:20 AM  
Blogger mpokb said...

Makacih Tante Eyi... :)

9:39 AM  

Post a Comment

<< Home